Android Developer? Why not?

Android Logo

Nggak tau kenapa pengen nulis ini. Apa gara-gara kejadian barusan di perpustakaan kampus ya? Tadi ke perpustakaan bareng temen. Tujuan pertama memang nggak jelas mau minjem atau cuma baca-baca buku apa. Intinya tadi saya ke perpustakaan cuma mau ngisi waktu luang saja. Lagian waktu kuliah masuk lagi jam 12.20.

Nah, pas udah nyampe di perpustakaan kita ngobrol-ngobrol biasa. Dari yang biasa-biasa itu tiba-tiba masuk aja obrolan ke Android. Ya, yang awalnya cuma ngobrolin web dan java bisa nyampe ke obrolan Android yang memang sekarang lagi ‘hits’.

Btw, temen-temen pasti udah tau yang namanya Android kan? Android itu sistem operasi (biasanya anak-anak TI nyebutnya OS) untuk alat komunikasi (telepon seluler) yang berbasis Linux.

Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk GoogleHTCIntelMotorolaQualcommT-Mobile, dan Nvidia.

Akhir-akhir ini saya sendiri memang lagi ‘hobi’ buka-buka yang berbau Android. Setelah ditelisik lebih dalam ternyata menjadi ‘Android developer’ sepertinya mudah sekali. Apalagi yang sudah punya dasar pemrograman (terutama sekali pemrograman bahasa java). Bener deh… mirip sekali dengan pemrograman bahasa java. Mungkin tinggal ditambah disana-sini karena memang ini berbasis mobile.

Memang sih pengetahuan saya masih ‘cetek’ sama yang namanya Android ini (apalagi HP saya bukan yang android T.T). Tapi nggak ada salahnya belajar dan mengembangkan OS baru ini. Peluangnya sangat terbuka sekali. Tahu sendiri kan, sekarang sudah banyak yang menggunakan hp berbasis Android? (Banyak yang menggunakan Android tapi nggak tau android itu apa?? hehe.. hanya sebatas pengguna).

Saya mendapat berita terbaru dari Android bahwa kini android telah mencapai 150 juta pengguna yang tidak hanya dari handphone Android tetapi dari semua perangkat yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Google pun mengklaim bahwa setiap harinya terdapat 550.000 perangkat Android yang diaktifkan. Wow, angka yang sangat fantastis bukan??? padahal ini adalah sebuah perangkat yang belum lama ini muncul di dunia komunikasi. Data pengguna android ini sendiri merupakan data pada bulan agustus 2011.

Tidak hanya menuai kesuksesan dari sistem operasinya. Android juga menuai kesuksesan dalam kinerja aplikasinya. Sedikitnya aplikasi berbasis android telah diunduh sebanyak 8 Milyar di seluruh dunia. Hal ini menunjukkan bahwa segala sesuatu yang berbau android merupakan trend yang sedang berkembang pesat. Angka jumlah pengguna ini tentu sangat fantastis,mengingat android baru pertama kali dirilis 5 November 2007 dan dalam kurun waktu 4 tahun sudah menjadi sisem operasi untuk telepon yang sanggup bersaing dengan sistem operasi ternama  seperti symbian. Nokia aja sampe terseok-seok sama Symbiannya..

Sekarang bagaimana klo kita juga mengembangkan Android?? Bersaing dengan saya yang sama-sama newbie?? hehe.. Let’s go!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s