Aim High (Cita-Cita Yang Tinggi)

“Bercita-citalah setinggi langit.” ~ Pepatah Bijak

Kalimat ini sangat populer di telinga saya sejak masih SD. Sebenarnya sudah dari dahulu anak-anak diajarkan secara tidak langsung untuk bermimpi besar, bercita-cita yang tinggi. Namun seiring berjalan waktu, dan semakin dewasa seseorang justru yang terjadi malah sebaliknya. Banyak orang justru tidak berani lagi bercita-cita setinggi langit saat ini, hanya karena melihat situasi dan kondisi yang ada di lingkungannya, hanya melihat keterbatasan dirinya, dan hanya melihat kekurangan lainnya yang dianggap sudah sangat tidak memungkinkan lagi untuk mempunyai tujuan yang besar.

Mengapa sih kita menjadi khawatir menetapkan tujuan yang besar?
Apa sih yang membuat kita takut untuk menetapkan target yang tinggi?

Ada yang mengatakan, “Untuk apa punya tujuan besar? nanti kalau tidak tercapai bisa stress. Istilahnya kalau mimpi sampai lantai 10 kalau tidak terjangkau dan jatuh akan sangat sakit sekali.”

Dulu saya juga berpikir demikian, tapi kalau tidak pernah punya tujuan besar rasanya lebih menyedihkan karena tidak tahu harus mengejar apa dalam hidup ini. Pikiran saya kalau tidak bisa sampai lantai 10, dan jatuh setidaknya nanti ada di lantai 9 atau
8. Daripada saya bermimpi di lantai 2 dan jatuh di lantai 1, kenapa tidak sekalian tinggi mimpinya.

Kemudian kembali saya berpikir, mengapa harus membayangkan akan jatuh dulu, mengapa harus membayangkan akan tidak tercapai? Mengapa tidak berpikir, kalau nanti tercapai apa tindakan selanjutnya?

Jadi fokus utama pemikiran kita akan mempengaruhi keputusan kita untuk menentukan tujuan. Jika fokusnya negatif maka  kecenderungan tujuannya akan tidak besar, begitu pula sebaliknya jika fokus kita positif maka tujuan yang akan kita buat akan lebih tinggi.

Jangan pernah mau membatasi diri kita oleh siapa pun, dan dalam kondisi apa pun. Buang semua fokus negatif, hambatan yang ada dalam pikiran, karena ini yang akan membuat kita menghentikan atau mematikan tujuan besar dalam hidup kita. Lakukan suatu yang luar biasa untuk hidup kita.

If You Can Aim High, Why You Should Aim Low?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s