Kuliah Tamu Industri Animasi Islam dan Peluang Untuk Meraihnya

The little thing about Kuliah tamu ‘Industri Animasi Islam dan Peluang Untuk Meraihnya’. Akhir-akhir ini saya memang senang sekali mengikuti berbagai kegiatan, mulai dari pengajian, seminar hingga kuliah tamu. Untuk itu kali ini saya akan bercerita tentang betapa indahnya mengikuti kuliah tamu.. wew!

Kuliah tamu yang baru saja saya ikuti kali ini berlangsung di Auditorium Gedung B.J. Habibie – UIN Maliki Malang. Sesuai dengan tema kuliah tamu tersebut berarti pematerinya memang didatangkan khusus bidang Animasi dan mengerti tentang IT. Siapa sajakah pematerinya?

1. Mr. Fajar Baskoro (Doctoral Student at University of Malaya, Malaysia). Sekilas riwayat beliau yang saya catat adalah ia pernah menjadi mahasiswa S1 ITS dan S2 ITB. Kemudian beliau juga pernah melanjutkan studinya yaitu SIM ‘System information Management’ di Italia (WOW!). Saat ini beliau bertugas di IDB (Islamic Development Bank) Malaysia mengursi SIM.

2. Mr. David Charles Ardian (IT professional – Animator). Beliau merupakan CO-FOUNDER ANIMATION ACADEMY (wuiddiihh… keren!). Sekarang beliau berdomisili di Surabaya.

Banyak saran yang saya dapatkan dari kedua pemateri tersebut, contohnya saja tentang bagaimana agar kita bisa menghadapi tantangan zaman yang terus menerus berubah. Mr Fajar berkata “Mungkin apa yang sedang kita pelajari sekarang ketika sudah lulus kelak tidak berlaku lagi” “Oleh karena itu saya sarankan agar apa yang telah kalian kerjakan direkam (disimpan) lalu dipublish” “Hal itu bisa sebagai kredit poin bagi Anda jika akan mendaftar pekerjaan kelak.”

Mr. Fajar menyarankan kita semua yang hadir apabila menghasilkan suatu karya untuk selalu disimpan, direkam dan dipublish. Misal kita hobi coding maka hasil codingan kita hendaknya dibuatkan tutorialnya kemudian dipublish secara luas melalui blog, youtube, social media, atau di dropbox. Hasil yang telah dipublish akan menunjukkan seberapa besar profil kita dihadapan banyak orang.

Kemudian Mr. Fajar juga memberikan tips bagi kita semua. Beliau menyebutnya ‘Road Map Profile’ :
1. Kenali minat
2. Perjuangkan dengan pengorbanan
3. Social media
4. 3D = Did, Do, Done.
5. 3E = Everything, Everywhere, Enthusiasm.

Hal pertama adalah kenali minat. Ini sangat penting! Dengan mempunyai minat hal itu bisa menambah energi ekstra untuk selalu terus berusaha. Kedua, perjuangkan dengan pengorbanan. Benar juga meskipun sudah punya minat tetapi tidak diperjuangkan akan percuma. Mimpi tak akan terwujud tanpa aksi nyata. Kemudian yang ketiga adalah sosial media. Mengingat sudah menjamurnya dunia sosial media seperti twitter dan facebook maka sudah sepatutnya kita memanfaatkannya sebagai pemasaran karya-karya kita. Yang keempat dan kelima adalah 3D dan 3E. 3D berarti kita harus menyelesaikannya dari awal hingga selesai kemudian 3E berarti kita harus melakukannya kapanpun dan dimanapun dan sebarapa besar antusias kita untuk menyenangi minat kita.

Mr. Fajar menambahkan, untuk menjadi orang yang maju perlu 3 hal yang sangat berpengaruh, yaitu :
1. Mindset (Seberapa besar niat kita dalam mencari dan mendalami ilmu)
2. Environment (Apakah lingkungannya mendukung?)
3. Rule Model (Perlu suatu contoh untuk dijadikan panutan)

Sedangkan pemateri yang kedua yaitu Mr. Charles lebih menjelaskan tentang Animasi. Beliau mengatakaan kepada kita bahwasannya yang dibutuhkan dalam animasi adalah kreatif. Kekuatan kreatif bahkan mengalahkan segalanya. Beliau juga menjelaskan kepada kita semua tentang kesuksesan dari game populer saat ini yaitu ‘Angry Bird’. Ternyata eh ternyata beliau menyimpulkan Angry Bird adalah game sederhana namun dengan kekreatifannya dalam membungkus suatu game dengan pemeran yang lucu-lucu dan imut-imut mereka bisa mendunia.

Kemudian Mr. Charles juga bercerita tentang bagaimana dia membangun sebuah studio animasi. Tidak mudah untuk membangun sebuah studio animasi, butuh dana yang besar. Untuk membeli satu software animasi bisa mengeluarkan uang hingga 26 juta (wadow!). Tapi studionya mensiasati dengan menggunakan software yang open source yaitu Blender, GIMP, Pencil dan lain-lain. Tentunya biaya yang dikeluarkan bisa sedikit berkurang dengan adanya software gratis itu.


Oh ya, Tahu nggak ternyata Mr.Charles pernah juara ‘Telkom INDIGO 2010’ (Hebat!). Saat ini beliau sedang mengerjakan sebuah proyek untuk ditandingkan di perlombaan di luar negeri. Semoga menang ya Mr. Charles!Pada seminar itu saya juga menyempatkan bertanya kepada Mr. Fajar,
“Kita-kita yang akan dan sedang merasakan semester akhir banyak yang sedang GALAU” “Banyak diantara teman saya baru tahu ternyata bakat dan minat mereka bukanlah IT ” “Nah, berkaitan dengan Road Map yang telah dijelaskan, Sikap apakah yang harus diambil oleh seorang mahasiswa yang sedang galau itu tanpa mengubur habis ilmu yang telah mereka dapatkan selama ini?”Beliau menjawab “GALAU itu ada dua, galau karena banyak pilihan atau galau karena tidak ada pilihan?” Beliau menyarankan agar para mahasiswa untuk menjaga keseimbangan antara minat mereka dengan tugas kuliah. Bila mahasiswa itu minat dalam bidang tulis-menulis maka cobalah tambahkan dalam tulisan mereka background tulisan yang mengandung unsur IT. Ini yang namanya seimbang. Cobalah menjadi penulis buku yang berisi tutorial-tutorial pembuatan suatu software, dll.Acara yang berlangsung selama 3 jam ini akhirnya selesai pada pukul 11.35 diiringi dengan pemberian cindera mata kepada masing-masing pemateri. Dan tak ketinggalan pula saya sempatkan foto bersama dengan dua pembicara tersebut (n_n)v

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Informasi pembicara :
1. Mr. Fajar Baskoro
– blog : fajarbaskoro.blogspot.com
– email : fajarbaskoro@gmail.com

2. David Charles Ardian
– web : http://www.animotionacademy.com
– email : charles@blenderindonesia.org

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s