Aku Adalah Pelajar, Pengusaha, dan Investor! (PART-1)

Dilema saat ini adalah memilih antara menjadi Pelajar, Pengusaha atau Investor. Pelajar yang baik, maka kualitas belajar dan hasil belajar terlihat baik (setidaknya tidak mengecewakan di mata sendiri). Pengusaha yang baik adalah pengusaha yang langsung action alias terjung langsung ke lapangan tanpa banyak cing-cong, basa-basi, atau semua itu kata lainnya adalah konsep yang matang. Sedangkan investor yang baik adalah investor yang pintar melihat peluang dan langsung terjun ke dalamnya.

Well, saya akan mencoba membandingkan semuanya itu dalam kasus saya sebagai seorang mahasiswa yang masih aktif. Banyak saya baca dan saya dengar bahwa waktu yang paling baik dalam memulai usaha yaitu saat kita menjadi mahasiswa. Betul? Betul!! (Sudahlah akui saja..). Masih belum percaya??? Baik, coba kita perhatikan disekeliling kita, apakah kita punya teman? Punya!! Berapa? 1? 2? 10? 40? dst. Kenapa dengan teman? Apa untungnya punya teman-teman yang sama-sama masih menjadi pelajar?

Hei! Coba deh tanya ke orangtua kalian. “Ayah, ibu, kapan sih waktu yang paling baik bagi kami untuk memulai usaha?” Saya garansi seratus persen mereka akan menjawab “Ya sekarang ini, saat kamu menjadi pemuda”. Saat dimana kalian memiliki banyak teman, tentunya banyak juga yang dari lain daerah.

Nah, saat-saat menjadi pemudalah kalian memiliki seorang teman, eits salah! banyak teman maksudnya. Ya sih, di waktu tua nanti kita masih bisa mendapatkan teman, tapi apakah bisa sebanyak saat kita masih muda? Apakah bisa sebanyak ini, ketika kita sudah sibuk dengan kerjaan kita masing-masing? No!

Teman dalam artian disini adalah jaringan kita, rekanan kita, teman bisnis kita, pemilik otak-otak yang masih fresh tentunya. Coba deh diingat masing-masing, teman-teman kita itu asalnya dari mana saja? Ada yang dari Malang, Jakarta, Surabaya, Makassar, Ambon, Papua, NTT, Aceh. Nah itulah ASET kita! Andaikan kita seorang pimpinan perusahaan (direktur utama) maka teman-teman kita adalah tangan kanan kita di daerah masing-masing.

Jika kita bisa betul-betul memanfaatkan masa-masa kuliah untuk mencari teman yang sekaligus menjadi ‘rekan’ maka itulah hal yang LUAR BIASA! Sudah nggak jamannya lagi kalii masa-masa kuliah dihabiskan untuk belajar sambil menyendiri, belajar sendiri di sudut-sudut ruangan (hati-hati loh ntar digigit tikus.. he). Saat ini, mahasiswa ideal (menurut saya) ialah pelajar yang punya banyak teman dan mulai membangun usaha.

Sedari mahasiswa setidaknya kita sudah mulai membangun pondasi bisnis kita. Jika sudah lepas dari bayang-bayang mahasiswa, akan terasa sulit (sekali lagi! Ini adalah pendapat saya). Dengan banyak teman disekeliling kita, maka usaha yang akan dibangun akan semakin mudah dan cepat berkembang.

Ingin usaha jus buah? Gampang! Modal yang dibutuhkan hanya 8 juta. Ajak teman 1-8 orang patungan. Digilir setiap hari untuk menjaga lapak jus buah kalian. Satu bulan modal kembali! Bulan berikutnya kalian akan menerima uang saku… Mudah bukan? Andaikan sendiri, wow! Betapa beratnya modal yang harus ditanggung dan juga jadwal menjaga lapak (klo nggak punya karyawan). Sedih deh klo nggak punya teman. hehe…

Jika di awal saya katakan, ‘Pemuda yang baik ialah yang memiliki kualitas belajar dan hasil yang baik’. Harusnya mahasiswa itu tidak sekedar teori (sering ngantuk di kelas). Maka saya simpulkan kualitas dan hasil yang baik akan didapat jika langsung terjun ke lapangan atau bahasa kerennya “Action guys!”. Hei! Saya tidak mengada-ada. Ini benar! Kebanyak konsep tanpa action otak kalian akan karatan tak terpakai. Tragis!

Bersambung dulu ya.. Pagi ini saya ada job!

Iklan

2 pemikiran pada “Aku Adalah Pelajar, Pengusaha, dan Investor! (PART-1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s