Playground Games for Schools

PLAYGROUND GAMES FOR SCHOOLS

Kick the Can

  • Letakkan kaleng, semacam kaleng bekas susu atau sarden di tengah area permainan. Pilih salah seorang murid untuk mnejadi ‘actor’ pertama. Pemain yang dijuluki ‘Actor’ itu harus menjaga kaleng dan menghitung hingga 30, dan pada saat yang bersamaan pemain yang lain berlari dan bersembunyi. Setelah ‘Actor’ itu selesai menghitung, Dia akan berjalan atau berlari berkeliling untuk berusaha mencari pemain lainnya. Jika ‘Actor’ menemukan pemain, pemain harus berlari dan menendang kaleng tersebut untuk menyelamatkan dirinya. Apabila ‘Actor’ lebih dahulu menandai pemain (yang barusan ia temukan) sebelum pemain tersebut menendang kaleng, maka pemain tersebut menjadi ‘Actor’ pada permainan selanjutnya.

Four Squares

  • Buatlah empat buah kotak pada area permainan dan berikanlah label pada setiap kotak dengan selembar kertas, 1,2,3 dan 4. Kemudian tulis pada selembar kertas kecil sesuai dengan jumlah kotak yang tersedia dan letakkan kertas tersebut pada kaleng atau semacamnya. Beritahu anak-anak untuk berlari menuju kotak tersebut ketika Anda berteriak ‘Empat Kotak!’.

    Ketika Anda meneriakkan kalimat tersebut, setiap anak harus memilih kotak dan berdiri didalamnya. Setelah itu, pilih salah seorang anak untuk mengambil acak selembar kertas kecil yang sebelumnya sudah diletakkan dalam kaleng atau semacamnya. Jika terpilih angka 2, maka seluruh anak yang berdiri pada kotak nomor 2 harus keluar dari permainan.

    Kemudian Anda teriak lagi kepada anak-anak untuk memilih lagi kotak secara acak. Pilih salah seorang lagi untuk memilih kertas kecil. Jika yang terpilih angka yang kotaknya kosong, suruh ambil acak kertas itu kembali. Anak-anak harus keluar dari kotakanya sesuai dengan kertas yang dipilih.  Lakukan perulangan ini terus menerus hingga Anda menemukan pemenangnya. 🙂

Find the Flag

  • Bagilah anak-anak kedalam dua kelompok dan berikan setiap tim bendera. Gunakan tali untuk membagi area permainan dan setiap tim saling berhadapan. Ketika Anda berteriak ‘Mulai’, setiap tim harus menyembunyikan bendera yang telah dibagikan. Setelah kedua tim menyembunyikan  bendera tersebut, mereka harus bertukar posisi. Tim pertama yang berhasil menemukan ”bendera” memenangkan permainan.

Roaring Lion

  • Pilih salah seorang anak untuk menjadi ‘Singa’ dan suruh ia duduk dengan membelakangi anak-anak. Letakkan sebuah mainan dibelakan singa. Ketika Anda berteriak ‘Mulai’, anak-anak harus berusaha untuk mengganggu singa dan mengambil mainan singa tersebut. Jika singa itu mendengar salah satu anak yang mengganggu, ia bisa mengaum dan berbalik arah untuk melihat. Jika ia menangkap salah seorang anak, anak tersebut menjadi singa berikutnya. Pemain yang sukes merebut mainan singa memenangkan permainan.

    (sumber)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s