10 Aplikasi Pencatat Terbaik Gratis untuk Smartphone

Apakah kamu pernah menemukan dirimu berada dalam situasi dimana kamu butuh untuk menuliskan sebuah pikiran atau ide, hanya saja saat itu kamu tidak mempunyai bulpen dan kertas? gawat dong???

catchnotes

Sebenarnya enggak gawat-gawat banget sih. Selama kita mempunyai smartphone semua bisa diatasi. Banyak sekali aplikasi ‘note-taking’ atau istilah dalam bahasa kita adalah pencatat, yang bisa kita temukan. Sebagian besar memiliki fitur yang sangat baik untuk mengoranisir catatan kita dan kebanyakan dari aplikasi ini mampu bekerja pada berbagai platform, bahkan bisa disinkronisasi lho !

Inilah ke-10 aplikasi pencatat untuk iOS dan Android yang bisa kamu coba dengan gratis! 🙂

1. Evernote

Evernote adalah salah satu aplikasi pencatat terbaik yang banyak orang gunakan. Tersedia pada berbagai macam platform :  Web, desktop, iOS, Android, dan Windows Phone. Kamu bisa mensinkronkan catatanmu dengan berbagai platform, maksudnya terserah device apa yang kalian miliki, semuanya bisa terhunbung satu sama lain. Asyik bukan?

1

Evernote juga membolehkan kita untuk memasukkan foto dan membaginya kepada siapapun melalui email atau via Facebook.

2. Catch Notes

Jika kamu capek untuk urusan daftar mendaftar, cobalah Catch Note. Kamu bisa masuk menggunakan akun Facebook atau Google. Disini kita bisa membuat catatan suara, photo dan text sebagaimana biasanya. Kamu juga bisa memberikan pengingat, sehingga kamu tidak akan lupa atau ketinggalan seseuatu yang sangat penting, seperti janji.

2

Catch Notes juga membolehkan kamu untuk memberikan 4 digit password untuk catatan yang benar-benar privasi. Dan sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga bisa berjalan di berbagai platform seperti iOS dan Android.

3. Fetchnotes

Suka dengan hastag (#) ? Bergembiralah, karena kamu bisa menggunakan tanda pagar atau hastag untuk mengatur catatanmu dengan menggunakan Fe tchnotes. Disini kamu bisa meletakkan beberapa hastag di setiap catatan yang kamu buat.

3

Jika smartphone mu lagi error atau rusak, kamu bisa menulis dari hape yang standar (lama), lalu  mengirimkan catatanmu ke akun fetchnotes dengan cara sms (tarif normal).

4. SomNotes

SomNotes adalah aplikasi pencatat yang user-friendly, dimana kamu bisa membuat banyak catatan sambil melampirkan file atau dokumen. Foldernya bisa ganti-ganti warna lho! dan jika kamu ingin menyimpan banyak catatan, maka SomNotes menawarkan 100MB penyimpanan cloud secara cuma-cuma kepada setiap akun.

4

Berjalan pada iOS maupun Android dan bisa mensinkronkan diantara keduanya. Oh ya, bisa dikunci juga lho! Enkripsi 4 digit password.

5. Spring Pad

Spring Pad adalah aplikasi pencatat dan bookmarking/penanda. Bisa login menggunakan akun Facebook, Twitter, Yahoo atau Google. Kita bisa menyesuaikan catatan kita menggunakan tags, berbagai warna, kategor, bahkan membuatnya privacy dan banyak lagi.

5

Ada perbedaan tipe catatan yang bisa kamu tambahkan seperti; barang, film, checklist, dan banyak lagi macamnya. Selanjutnya, kamu bisa mencari atau bereksplorasi catatan yang kamu suka dengan komunitas Spring Pad, juga bisa meninggalkan komentar untuk berinteraksi dengan pemilik catatan tersebut.

6. Any.DO

Any.DO adalah aplikasi pengingat catatan. Memiliki alaram pengingat, dan pada Android kamu bisa menempelkan catatan/to-do list mu di halaman depan.  Kamu bisa menset alaram berdering sekali atau berulang. Any.DO membolehkan kamu untuk menggunakan fitur bicara (speak) jika kamu sedang tidak ingin mengetiknya.

6

Kamu bisa menyusun catatanmu berdasarkan tanggal atau kamu bisa menyimpannya didalam folder. Ketikan kamu tidak butuh catatanmu atau sudah menyelesaikan semua tugas, kamu bisa menghapus semuanya dengan cara menguncangkan smartphone mu.

7. Microsoft OneNote

MO adalah anggota Microsoft Office. Dengan MO kamu bisa melihat excel, slide powerpoint, dan grafik pada smartphonmu. Untuk mengedit file, bukalah apliasi Office Web pada handphonemu, lalu kamu bisa mengubah text, membuat tabel, membuat slide dan banyak fungsi lainnya.

7

MO gratis untuk iOS dan Android, tetapi hanya dibatasi hingga 500 catatan saja. Setelah 500 catatan kamu diharuskan membayar untuk versi unlimited sebesar $4.99.

8. Google Keep

Google Keep adalah aplikasi pencatat milik Google yang tampilan utamanya sangat simpel. Kamu hanya butuh memasukkan judul dan catatan untuk membuat catatan baru. Kamu juga bisa menambahkan sebuah foto ke dalam catatanmu dan mengganti warnanya. Sejauh ini, apliakasi ini hanya bisa digunakan untuk Android saja.

8

Aplikasi ini menyediakan speech-to-text fitur, dimana kamu hanya dibutuhkan suaranya dan catatan akan segera terbentuk.

9. Audio Note

 

AudioNote merupakan aplikasi yang mensinkronkan rekaman suara dengan catatanmu. Dengan kata lain, catatan yang kamu ketik dengan tangan akan bersanding apik dengan waktu rekaman suara. Sebagai contoh, jika kamu memasukkan catatan pada waktu menit 2:21, kemudian ketika kamu menekan untuk melihatnya, maka akan keluar suara pada saat pas waktu rekaman itu dibuat.

9

Kamu juga bisa menambahkan gambar pada text catatanmu. Kamu bisa mensinkronkan AudioNote ke Dropbox atau iCloud. Untuk versi gratis, AundioNote menyediakan maksimal 5 menit rekaman. Apabila ingin merekam lebih dari 5 menit, kamu bisa meng-upgrade-nya sebesar $4.99.

10. Awesome Note

Pada Awesome Note ini, kamu bisa membuat folder, mengganti warnanya, icon dan membuatnya privasi pada setiap folder yang diinginkan. Disini kamu bisa memilih 48 font yang berbeda-beda, menmbahkan gambar dan menambahkan lokasi map pada catatanmu.

10

Alaram akan mengingatkamu tentang tugas yang sudah kamu atur sebelumnya. Alaram bisa diatur berdering sekali atau berulang kali. Oh ya, kamu juga bisa mensinkronkan catatanmu melalui akun Google dan Evernote mu. Dan jika kamu pengguna Samsung Galaxy Note, aplikasi ini sudah terinstall didalamnya. Diluar itu, aplikasi isi mendukung untuk digunakan hanya pada iOS saja.

Iklan

5 pemikiran pada “10 Aplikasi Pencatat Terbaik Gratis untuk Smartphone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s